Langsung ke konten utama

Kebun Raya Baru dan Ekonomi Berbagi

 


MENJUAL HARAPAN - Setelah Banjir Keadilan surut, Kebun Raya Nusantara tidak lagi sama. Lumpur-lumpur kebohongan telah menghilang, digantikan oleh tanah yang subur dan bersih. Pohon-pohon baru mulai tumbuh, bukan Pohon Kapital yang rakus, melainkan "Pohon Kebersamaan" yang menghasilkan buah-buahan untuk semua. Ladang-ladang luas kini digarap bersama, dan kolam-kolam ikan kini dikelola secara gotong royong. Ini adalah Kebun Raya baru, yang dibangun atas dasar "Ekonomi Berbagi".

Tidak ada lagi pagar-pagar tinggi, tidak ada lagi jaring-jaring laba-laba, dan tidak ada lagi Timbangan Curang. Gudang Raksasa kini telah diubah menjadi "Pusat Distribusi Bersama", tempat di mana setiap hasil panen dikumpulkan dan dibagikan secara adil kepada semua penghuni. Para Penjaga Gudang yang dulu rakus, kini menjadi "Pelayan Masyarakat" yang bekerja dengan tulus.

Si Kecil, si semut pekerja, kini bisa bekerja dengan tenang dan bahagia. Ia tidak lagi harus mencari remah-remah makanan yang sulit ditemukan. Kini, makanan berlimpah ruah, dan ia bisa berbagi dengan kawanannya tanpa rasa takut. Sarangnya pun kini kokoh dan aman, tanpa ancaman dari Traktor Raksasa atau Pabrik Kimia. Ia melihat senyum di wajah Para Petani Kecil, senyum yang tulus dan penuh harapan.

Para Penguasaha yang dulu rakus, kini telah belajar dari kesalahan mereka. Beberapa di antaranya memilih untuk ikut serta dalam Ekonomi Berbagi, menggunakan keahlian mereka untuk membangun Kebun Raya yang lebih baik. Yang lainnya, memilih untuk hidup sederhana, menebus dosa-dosa mereka di masa lalu. Rakyat tidak lagi menghukum dengan dendam, melainkan dengan kesempatan untuk berubah dan berpartisipasi dalam kebaikan bersama.

Kearifan lokal yang dulu dianggap kuno, kini kembali dihidupkan. Para Petani Kecil kembali menggunakan cara-cara tradisional yang ramah lingkungan, menjaga keseimbangan alam dan menghormati setiap makhluk hidup. Alam dan manusia kini hidup berdampingan secara harmonis, saling memberi dan menerima.

Bahkan makhluk-makhluk kecil lainnya, seperti kawanan burung, ikan, jangkrik, dan belalang, pun ikut merayakan Kebun Raya baru ini. Mereka hidup bebas, bernyanyi riang, dan menjadi bagian dari ekosistem yang sehat dan seimbang. Ini adalah harmoni yang telah lama hilang, kini kembali merajai.

Si Kecil, si semut pekerja, menatap matahari yang terbit di ufuk timur. Sinar mentari memancarkan kehangatan, seolah merestui perjalanan baru Kebun Raya Nusantara. Ia berteriak dengan suara yang penuh syukur, "Nestapa telah berakhir! Ekonomi berbagi telah lahir! Mari kita jaga Kebun Raya ini bersama-sama, untuk selamanya!" Dan teriakannya itu, kini menjadi melodi kebersamaan yang abadi, mengiringi langkah setiap penghuni Kebun Raya menuju masa depan yang lebih baik, di mana keadilan dan kemakmuran adalah milik semua. (tamat dari seri “nestapa ekonomi kerakyatan)

Baca juga: Keadilan dan Surutnya Keserakahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengawasan Melekat (Waskat)

silahudin Ada ragam pengawasan dalam penyelenggaraan roda pemerintahan, dan salah satunya adalah pengawasan melekat. Pengawasan melekat disingkat WASKAT merupakan salah satu kegiatan manajemen dalam mewujudkan terlaksananya tugas-tugas umum pemerintah (an) dan pembangunan. Waskat, sesungguhnya merupakan kegiatan manajemen sehari-hari yang dilakukan oleh pipinan atau atasan instandi pemerintah dalam setiap satuan unit kerjanya. Apa itu pengawasan melekat? dapat disimak pada video ini.

Menyelami Makna Peribahasa Sunda "Asa Peunggas Leungeun Katuhu"

   Ilustrasi Jenis Pakaian Adat Sunda (Foto tangkapan layer dari  https://learningsundanese.com/pakaian-adat-sunda-jenis-jenis-dan-makna-simbolik/ ) Menjual Harapan – Pergulatan pergaulan kehidupan taubahnya berdampingan antara baik dan buruk. Ragam situasi buruk perlu dihindari, karena berakibat buruk pada khususnya diri sendiri, bahkan dalam kehidupan masyarakat, dan negara. Menelusuri mencari sumber masalah yang menimbulkan situasi buruk tersebut dan menemukannya, berarti setidakanya setengah telah mengatasi situasi tersebut. Ada dalam peribahasa Sunda yang populer, yaitu “Asa peunggas leungeun katuhu” . Secara harfiah berarti “harapan di ujung tangan kanan”. Pesan filosofisnya peribahasa Sunda ini mengajarkan pentingnya mempunyai harapan dan tekad kuat dalam menghadapi berbagai situasi yang sulit. “Leungeun katuhu” (tangan kanan) disimbolkan atau dilambangkan sebagai kekuatan dan kemampuan untuk mencapai tujuan. Iman Budhi Santoso (2016: 601) menjelaskan makna dari ...

Konsistensi Cendekiawan “Memanusiakan” Peradaban

Ilustrasi gambar seorang cendekiawan (Foto hasil proses chat gpt) MENJUAL HARAPAN - Pergulatan berbagai kehidupan negara bangsa ini (nation state) , tampak nyaris tidak lepas dari sorotan kritisi cendekiawan.  Kaum cendekiawan terus bersuara dalam berbagai aspek kehidupan. Seperti dalam sosial politik, budaya, ekonomi, pendidikan, dan lain sejenisnya.  Sosok kehadiran cendekiawan di tengah pergulatan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara tak dapat ditampik, niscaya selalu berkontributif.  Kehadirannya memiliki peran dan fungsi yang strategis, oleh karena kehadirannya senantiasa hirau dan peduli terhadap permasalahan-permasalahan bangsa demi menjunjung derajat kemanusiaan. Dalam bahasa lain, seseorang yang merasa berkepentingan untuk memikirkan secara rasional dan sepanjang pengetahuannya tentang bangaimana suatu masyarakat atau kemanusiaan pada umumnya bisa hidup lebih baik.  Oleh karena, setiap bangsa dan negara secara langsung atau tidak langsung memutuhkan peran...