Langsung ke konten utama

Refleksi Politik di Era Demokrasi yang Bergerak

Ilustrasi politisi sedang pidato politik 


MENJUAL HARAPAN - Demokrasi hari ini tidak lagi berjalan di jalur yang datar dan terprediksi. Ia bergerak, berbelok, dan kadang bergejolak. Di tengah era yang ditandai oleh keterbukaan informasi, tekanan elektoral, dan tuntutan partisipasi publik yang semakin tinggi, politik tidak cukup dijalankan dengan kalkulasi. Ia harus dijalankan dengan refleksi. Artikel ini mengajak wakil rakyat untuk menjadikan refleksi sebagai bagian dari praktik politik, agar demokrasi tidak hanya berjalan, tetapi juga bernapas dan bermakna.

Refleksi politik bukanlah kemewahan intelektual, melainkan kebutuhan etis. Ketika keputusan diambil tanpa refleksi, maka politik kehilangan arah. Max Weber (1919) menegaskan bahwa “Politik yang bermakna adalah politik yang dijalankan dengan tanggung jawab, bukan dengan hasrat kekuasaan.” Maka, wakil rakyat harus mampu berhenti sejenak di tengah dinamika, untuk bertanya: apakah keputusan ini berpihak? Apakah ia berdampak?

Fungsi-fungsi dewan, yaitu fungsi legislatif, penganggaran, dan pengawasan harus dijalankan dengan kesadaran bahwa setiap fungsi adalah ruang refleksi. Legislasi bukan hanya soal menyusun pasal, tetapi soal menyusun harapan. Karenanya, legislasi yang berdampak lahir dari proses yang reflektif dan partisipatif. Maka, proses legislasi harus menjadi ruang dialog antara nilai dan kebutuhan publik.

Penganggaran juga merupakan ruang refleksi tentang prioritas. Ketika DPRD membahas APBD, maka pertanyaan reflektif harus hadir: siapa yang diuntungkan? Siapa yang terpinggirkan? Transparency International (2022) menekankan bahwa “Transparansi anggaran adalah indikator utama dari integritas kelembagaan.” Maka, penganggaran harus dijalankan dengan keberanian untuk berpihak pada yang paling lemah.

Pengawasan yang reflektif bukan hanya mencari kesalahan, tetapi mencari perbaikan. Hak interpelasi dan angket harus dijalankan dengan data, etika, dan keberpihakan. Robert Dahl (1989) menyatakan bahwa “Demokrasi membutuhkan pengawasan yang dijalankan dengan integritas, bukan dengan kepentingan.” Maka, pengawasan harus menjadi ruang pembelajaran, bukan ruang konflik.

Era demokrasi yang bergerak juga menuntut kemampuan untuk membaca zaman. Perubahan teknologi, dinamika sosial, dan tuntutan partisipasi publik menuntut wakil rakyat untuk terus belajar. Amartya Sen (1999) menyatakan bahwa “Kebebasan politik harus memperluas kemampuan publik untuk berpartisipasi.” Maka, refleksi politik harus menjawab pertanyaan zaman, bukan hanya mengulang kebiasaan.

Etika kelembagaan menjadi ruang refleksi yang paling mendasar. Di tengah godaan kekuasaan dan tekanan politik, wakil rakyat harus mampu menjaga integritas. Jimly Asshiddiqie (2006) menegaskan bahwa “Etika publik adalah jantung dari demokrasi yang sehat.” Maka, refleksi politik harus dimulai dari dalam: dari sikap, dari pilihan, dari keberanian untuk berkata tidak.

Reses dan kunjungan kerja bukan hanya ruang serap aspirasi, tetapi ruang refleksi sosial. Ketika wakil rakyat hadir di tengah masyarakat, ia harus mampu mendengar yang tidak terdengar, melihat yang tidak terlihat, dan merasakan yang tidak terucap. Demokrasi yang bernapas lahir dari perjumpaan yang reflektif antara wakil dan rakyat.

Refleksi juga harus hadir dalam dinamika internal DPRD. Fraksi, komisi, dan badan-badan legislatif harus menjadi ruang deliberatif yang menjunjung nilai. Ketika keputusan diambil secara terburu-buru, maka kelembagaan kehilangan makna. Wakil rakyat yang reflektif adalah mereka yang mampu membangun konsensus tanpa kehilangan prinsip.

Media dan masyarakat sipil adalah cermin reflektif yang tak pernah berhenti. Kritik, sorotan, dan evaluasi publik harus dijadikan bahan refleksi, bukan bahan defensif. Demokrasi yang sehat membutuhkan wakil rakyat yang terbuka terhadap koreksi, dan berani melakukan perbaikan.

Refleksi politik juga berarti menjawab janji. Ketika janji kampanye tidak diterjemahkan ke dalam kebijakan, maka kepercayaan publik menurun. Wakil rakyat yang reflektif adalah mereka yang menjadikan janji sebagai komitmen, bukan sekadar retorika. Konsistensi antara kata dan tindakan adalah hasil dari refleksi yang jujur.

Dengan demikian, di era demokrasi yang bergerak, refleksi bukanlah jeda, tetapi bagian dari gerak. Wakil rakyat yang reflektif adalah mereka yang mampu menjadikan setiap fungsi sebagai ruang nilai, setiap keputusan sebagai ruang keberpihakan, dan setiap kritik sebagai ruang pembelajaran. Demokrasi yang bernapas adalah demokrasi yang dijalankan dengan refleksi yang hidup. (S_267)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengawasan Melekat (Waskat)

silahudin Ada ragam pengawasan dalam penyelenggaraan roda pemerintahan, dan salah satunya adalah pengawasan melekat. Pengawasan melekat disingkat WASKAT merupakan salah satu kegiatan manajemen dalam mewujudkan terlaksananya tugas-tugas umum pemerintah (an) dan pembangunan. Waskat, sesungguhnya merupakan kegiatan manajemen sehari-hari yang dilakukan oleh pipinan atau atasan instandi pemerintah dalam setiap satuan unit kerjanya. Apa itu pengawasan melekat? dapat disimak pada video ini.

Menyelami Makna Peribahasa Sunda "Asa Peunggas Leungeun Katuhu"

   Ilustrasi Jenis Pakaian Adat Sunda (Foto tangkapan layer dari  https://learningsundanese.com/pakaian-adat-sunda-jenis-jenis-dan-makna-simbolik/ ) Menjual Harapan – Pergulatan pergaulan kehidupan taubahnya berdampingan antara baik dan buruk. Ragam situasi buruk perlu dihindari, karena berakibat buruk pada khususnya diri sendiri, bahkan dalam kehidupan masyarakat, dan negara. Menelusuri mencari sumber masalah yang menimbulkan situasi buruk tersebut dan menemukannya, berarti setidakanya setengah telah mengatasi situasi tersebut. Ada dalam peribahasa Sunda yang populer, yaitu “Asa peunggas leungeun katuhu” . Secara harfiah berarti “harapan di ujung tangan kanan”. Pesan filosofisnya peribahasa Sunda ini mengajarkan pentingnya mempunyai harapan dan tekad kuat dalam menghadapi berbagai situasi yang sulit. “Leungeun katuhu” (tangan kanan) disimbolkan atau dilambangkan sebagai kekuatan dan kemampuan untuk mencapai tujuan. Iman Budhi Santoso (2016: 601) menjelaskan makna dari ...

Konsistensi Cendekiawan “Memanusiakan” Peradaban

Ilustrasi gambar seorang cendekiawan (Foto hasil proses chat gpt) MENJUAL HARAPAN - Pergulatan berbagai kehidupan negara bangsa ini (nation state) , tampak nyaris tidak lepas dari sorotan kritisi cendekiawan.  Kaum cendekiawan terus bersuara dalam berbagai aspek kehidupan. Seperti dalam sosial politik, budaya, ekonomi, pendidikan, dan lain sejenisnya.  Sosok kehadiran cendekiawan di tengah pergulatan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara tak dapat ditampik, niscaya selalu berkontributif.  Kehadirannya memiliki peran dan fungsi yang strategis, oleh karena kehadirannya senantiasa hirau dan peduli terhadap permasalahan-permasalahan bangsa demi menjunjung derajat kemanusiaan. Dalam bahasa lain, seseorang yang merasa berkepentingan untuk memikirkan secara rasional dan sepanjang pengetahuannya tentang bangaimana suatu masyarakat atau kemanusiaan pada umumnya bisa hidup lebih baik.  Oleh karena, setiap bangsa dan negara secara langsung atau tidak langsung memutuhkan peran...